SUKSES MISI KEMANUSIAN KE ARAKAN- BURMA (RAKHINE- MYANMAR)

AGUS HASAN BASHORI

 

burma1

Di bandara Yangon 27 Februari 2017

burma2

 

Foto bandara Sittwe, Arakan Burma, diambil dari pesawat Selasa 28 Februari 2017 (Agus Hasan Bashori)

burma3

Dengan taufik dan pertolongan Allah -Subhanahu wa ta’ala-, misi kemanusiaan PULDAPII (Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia) untuk membantu muslim di Yangon, Sittwe dan Mrauk-U sukses. Misi ini dipimpin oleh saya sendiri (Agus Hasan Bashori) selaku pembina PULDAPII, Ketua YBM (Yayasan Bina Masyarakat) Malang  juga anggota MIUMI ( Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia, Ikatan Ulama dan Da’i ASEAN, Triono Abu Syifak wakil kantor pusat PULDAPII (ketua KS: konsorsium Sunnah, untuk umrah dan haji), Nur Rasyid Abu Rasyidah BIAS-CS (Cinta Sedekah), dan pendamping dari Jawa Barat, ditambah Mas Agung dari SMS Jawa Tengah.
Tim berangkat dari Jakarta hari Senin 27 Februari 2017, menuju Kuala Lumpur, kemudian lanjut ke Yangon ibu Kota Myanmar. Di sana kami menginap semalam di hotel tengah kota. Kemudian di pagi hari setelah sarapan dilanjut dengan kajian Live dari jantung kota Yangon melalui TV al-Umm Streaming.
Setelah itu tim menuju Bandara Yangon untuk terbang ke Sittwe (dulu namanya Akyab) ibu kota Rakhine (dulu namanya Arakan).
Setiba di Sittwe kami langsung ke hotel, lalu keluar menuju pantai Akyab di ujung kota menikmati dan mengabadikan sunset yang indah menakjubkan.
Keseokan harinya hari Rabu tanggal 1 Maret 2017 kami memulai melaksanakan misi di kota Sittwe, dilanjutkan dengan hari Kamis.
Kemudian pada hari Jum’at 3 Maret kami melanjutkan misi ke kota Mrauk-U dengan perjalanan darat lebih dari 3 jam.
Sabtu 4 Maret 2017, kami terbang ke Yangon. Di Yangon misi dilanjutkan hingga hari Senin. Hari Selasa kami tiba di tanah Air tercinta dengan selamat.
Misi yang telah berhasil kami laksanakan adalah:
1. Misi kemanusiaan, yaitu mendistribusikan donasi kemanusiaan berupa, pakaian 400 anak, bahan makanan dan selimut di 4 desa, lampu, obat, bangku sekolah dan kebutuhan tempat untuk belajar.
2. Pengenalan medan dan penelusuran kasus kerusuhan, pengusiran dan penempatan etnis Rohingya di kamp-kamp IDP, serta perkampungan etnis Aung Mingalar dan perkampungan etnis Kament .
3. Mencari Kenalan untuk kerjasama baik person maupun NGO resmi
4. Mengumpulkan Bahan-bahan sejarah Islam di Arakan yang ada di museum , buku-buku tentang Rohingya yang dihadiahkan kepada kami, bangunan-bangunan masjid tua, serta dialog dan sharing tentang sejarah konflik dan solusinya
5. Menemui ulama Ahli Hadits asli Rohingya yang masih tersisa yang tinggal di Arakan, lalu mengambil ijazah Sanad hadits dari beliau, yaitu Syaikh Abdul Haq hafizhahullah.
6. Menyiarkan secara langsung dari Yangon, Sittwe dan Mrauk-U live melalui al-Umm TV (www.al-Umm.tv) , baik pengajian, reportasi dan distribusi bantuan.

burma4

Foto saat live di TV al-Umm dari Yangon

burma5

Saat Live di TV al-Umm dari dari Sittwe

burma6

Foto pembagaian pakaian di Sittwe

burma7

burma11

burma8
burma9
burma10

Adapun tentang kondisi umat islam di sana, baik yang di kamp maupun di desa maka penderitaan dan kesengsaraan dan kehinaannya lebih dari yang anda bayangkan. Anda kesana dijamin terenyuh dan berderaian air mata.
Oleh karena itu menolong mereka termasuk wajib, fardhu kifayah dan bukti keimanan.

Bagaimanakah seandainya mereka ini anak Anda?

burma12

Ini rumah-rumah mereka

burma13

Ini air mereka

Alamat Donasi:

Silakan salurkan bantuan Anda melalui YBM Peduli no. Rekening:
1. BCA 1991061741 atas nama: Agus Hasan Bashori
2. BNI Taplus 0357825379 atas nama: Yayasan Bina al-Mujtama’

Donasi Anda langsung ke sasaran dengan izin Allah.
Melalui berita ini kami berterima kasih kepada para donator, semoga Allah melipat gandakan pahala Anda dan memberkahi harta dan hidup Anda serta menjadikan sebab keselamatan kita di akhirat nanti.

Alhamdulillah alladzi bini’matihi tatimmu shalihat.
Ikuti detil beritanya di majalah al-Umm
Dan nantikan makalah selanjutnya di sini!

 

Sumber : http://www.binamasyarakat.com/sukses-misi-kemanusian-ke-arakan-burma-rakhine-myanmar/

(Visited 1 visits today)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*